Indonesia Polling Stations (IPS) Merilis Survei Terbaru tentang Elektabilitas Calon Presiden

survey ganjar, prabowo dan anies

Indonesia Polling Stations (IPS) baru-baru ini merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden Indonesia. Dalam survei yang dilakukan pada periode 5-15 September 2023 dengan melibatkan total 1.220 responden, Prabowo Subianto berhasil mempertahankan posisinya sebagai tokoh yang paling diminati, diikuti oleh Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Survei ini menggunakan metode pengambilan sampel acak bertingkat atau multistage random sampling dengan teknik wawancara tatap muka dan kuesioner sebagai alat bantu. Margin of error survei ini sekitar +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Bacaan Lainnya

Menurut Alfin Sugianto, seorang peneliti dari Indonesia Polling Stations (IPS), hasil survei ini didasarkan pada pertanyaan tentang pilihan tokoh jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas responden memilih Prabowo dengan perincian sebagai berikut:

Prabowo Subianto: 40,8%
Ganjar Pranowo: 35,9%
Anies Baswedan: 20,2%
Tidak tahu: 3,1%

Alfin menginterpretasikan hasil tersebut dengan menyatakan bahwa jika pemilihan presiden diadakan saat ini, maka kemungkinan akan terjadi dua putaran, di mana Prabowo dan Ganjar akan maju ke putaran kedua, sementara Anies akan tereliminasi. Hal ini diungkapkan dalam sebuah konferensi pers virtual pada tanggal 22 September 2023.

Selain itu, Alfin juga memberikan hasil dari simulasi pertarungan head to head antara calon presiden. Prabowo terbukti unggul dalam kedua simulasi tersebut:

Prabowo vs Ganjar:

Prabowo Subianto: 51,8%
Ganjar Pranowo: 39,1%
Tidak tahu: 9,1%

Prabowo vs Anies:

Prabowo Subianto: 56,2%
Anies Baswedan: 36,5%
Tidak tahu: 7,3%

Simulasi ini juga mengungkapkan bahwa pendukung Anies cenderung beralih ke Prabowo dalam kedua pertarungan tersebut. Sementara itu, dalam pertarungan head to head antara Prabowo dan Anies, pendukung Ganjar juga lebih memilih Prabowo.

Alfin menggambarkan fenomena ini dengan mengatakan, “Dalam simulasi head to head ini, pendukung Anies Baswedan cenderung beralih pilihan ke Prabowo daripada ke Ganjar. Ketika Prabowo berhadapan dengan Anies, suara pendukung Ganjar juga cenderung mengalir ke Prabowo. Pendukung Anies dan Ganjar seperti minyak dan air yang sulit bersenyawa.”

Hasil survei ini memberikan gambaran yang menarik tentang dinamika pemilihan presiden yang akan datang di Indonesia dan menjadi bahan perdebatan di tengah masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *