Gara-gara Rem Blong, Truk Tabrak Tujuh Mobil dan Tujuh Motor di Exit Tol Bawen

kecelakaan-exit-tol-bawen-semarang

Semarang, Sabtu (23/9/2023) – Malam yang seharusnya penuh dengan ketenangan berubah menjadi lembaran kelam yang akan dikenang selamanya bagi warga Semarang dan sekitarnya. Exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, menjadi saksi bisu ketika sebuah tragedi maut menghantam, menelan banyak korban. Kecelakaan mengerikan ini diduga dipicu oleh kelalaian pada sistem rem truk, yang menyebabkan truk tersebut melibas sejumlah kendaraan di persimpangan exit tol yang ramai.

Kombes Pol Satake Bayu Setianto, Kabid Humas Polda Jawa Tengah, dengan mata berkaca-kaca, mengkonfirmasi peristiwa tragis ini. Truk berplat nomor AD 8911 IA awalnya melaju dengan harapan dan mimpi para penumpangnya dari utara ke selatan. Namun, nasib tragis menunggu di depan. Truk itu, diduga karena rem blong, dengan keganasan tak terkendali, berjalan dari arah Ungaran (utara) menuju Bawen (selatan) dan merusak sejumlah kendaraan dalam perjalanan mematikan itu.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Kronologi Tragedi Kecelakaan di Exit Tol Bawen Semarang

Saat tiba di simpang Exit Tol Bawen, rem truk dikabarkan telah mati, membawa petaka bagi kendaraan lain yang berhenti di lampu lalu lintas. Empat mobil dan sembilan sepeda motor menjadi korban tak berdosa dalam kecelakaan tragis yang melibatkan truk pembawa malapetaka itu. Dalam wawancara yang sulit dilakukan, Satake melaporkan bahwa tiga nyawa telah terenggut, sementara sembilan lainnya terluka parah dalam insiden mengerikan ini.

Dampak dari tragedi ini tak hanya dirasakan oleh para korban dan keluarga mereka, tapi juga oleh lalu lintas di sekitar area tersebut. Akibat insiden ini, jalan dari tol Ungaran menuju Salatiga terpaksa ditutup sementara. Rekaman amatir merekam momen tragis tersebut, dengan penumpang mobil tergeletak tak bergerak, terperangkap dalam kendaraan yang hancur, dan para pengendara sepeda motor terkapar di jalan.

Rekaman juga memperlihatkan betapa sulitnya evakuasi korban, beberapa di antaranya terjepit di dalam mobil yang rusak parah. Api berkobar dan melahap beberapa kendaraan lainnya, sementara jumlah total kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan ini masih belum bisa dipastikan.

Lokasi persimpangan exit tol Bawen telah lama dikenal sebagai titik rawan kecelakaan. Bagi kendaraan yang datang dari arah Ungaran, pengereman yang sempurna sangatlah penting mengingat kontur menurun dari exit tol Bawen hingga sekitaran Dusun Semilir.

Baca juga: Daftar Korban Kecelakaan Maut Pertigaan Exit Tol Bawen

Kecelakaan mengerikan ini telah mengakibatkan lalu lintas menjadi macet parah, sementara petugas kepolisian berjuang keras di lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap korban dan kendaraan yang terlibat. Penyelidikan mendalam pun masih terus berlangsung untuk mengungkap penyebab pasti dari tragedi ini, sembari kita semua berdoa agar kejadian serupa tidak akan terulang di masa yang akan datang. Hari ini, kita bersatu dalam duka yang mendalam, berharap agar para korban mendapatkan keselamatan, dan berdoa untuk kesembuhan yang cepat bagi yang terluka.

Daftar korban di RS At Tin

1. Korban Meninggal dunia 3 orang belum diketahui identititasnya

2. Adrianto bagas. 36 th. Sraten. Luka sedang. Di siku punggung

3. Januariyanto. 18. Luka ringan

4. Tringesti. Perempuan. Luka ringan

5. Arifah. Perempuan. Luka sedang (jahitan kepala)

6. Rofiatun fauziah. 33. Luka sedang.curiga fraktur lengan kanan luka rjngan.

7. Aprilia dian pramesti. 20. Luka sedang. Jahitan kelapa.

8.Muh. Taufik. 34. Luka sedang punggung kiri dijahit. Curiga fraktur kaki kanan.

9.Sriwijayanti. 54 th. Perempuan. Luka berat. Kepala bengkak beaar, dahi benjol besar,

10. Raisem . 56 th. Peremouan. Luka sedang. Kepala terbentur

11. Alfarisqi. 5 th. Luka sedang. Fraktur klavikula dekstra

12. Setyo wibisono. 25 th. Luka sedang. Luka robek di kaki kiri kanan.

13. Krisna fajar. 13 th. Luka ringan. Benjol di dahi

14. Khusnul khotimah. 25 th. Luka berat. Jahit kaki kanan. Beling di hidung dan mata.

15. Maryono. Luka berat di kepala dan betis kakj kanan kiri dan sesak nafas.

Korban exit Tol Bawen di RS Kensaras

1.Prihatin (29) luka berat

2. Desinta, luka berat

3. Rafandra (9) luka ringan

4. Martini (50) luka sedang

5.Tatik (25) luka sedang

6. Adhitya (43) luka sedang

7.Mar’ah (67), luka sedang

Korban di RSGM

1. Muhammad Ulfi, alamat : ds ciplene sukoharjo 6/2 Suruh Kabupaten Semarang

2. Fajar Wahyu Prabowo, Jalan Diponegoro 224 3/4 Gedang Anak Ungaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *