Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Buka Suara Terkait Video Polisi Meminta Uang Saat Penilangan

ilustrasi polisi pungli

Jakarta, 30 September 2023 – Video viral yang menampilkan seorang anggota polisi lalu lintas diduga meminta uang kepada pengemudi mobil saat sedang melakukan penilangan telah menjadi perbincangan hangat. Video ini pertama kali dibagikan oleh akun @lowslow.indonesia pada Kamis (28/9) lalu, dan menampilkan oknum anggota Polantas yang mengenakan atribut lengkap dengan logo bertuliskan “Polda Metro Jaya”.

Dalam rekaman video tersebut, terlihat seorang polisi dalam seragamnya meminta uang “damai” dari pengemudi mobil yang sedang diberhentikan. Polisi tersebut mengatakan, “Cepat, jangan lama-lama, nanti ada komandan saya.”

Pengemudi mobil tersebut awalnya menawarkan uang senilai Rp100 ribu, namun ditolak oleh polisi yang kemudian meminta uang senilai Rp150 ribu. Polisi tersebut mengancam dengan mengatakan, “Cepat, kalau enggak mau, enggak mau. Kalau gak ada duit, enggak usah. Nah, saya tahan SIM-nya,”

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Doni Hermawan, memberikan klarifikasi terkait video tersebut. Menurutnya, video viral tersebut merupakan rekaman lama yang diunggah kembali. “Iya, itu adalah video lama, sekitar tahun 2018,” ujar Doni Hermawan saat dikonfirmasi.

Doni Hermawan juga mengungkapkan bahwa setelah kejadian tersebut, pihaknya telah memberikan sanksi kepada anggota polisi yang terlibat. Sementara itu, anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) yang terlibat dalam video viral tersebut saat ini telah memasuki masa purnabakti atau pensiun. “Anggota tersebut telah diberikan sanksi pasca kejadian. Saat ini, anggota tersebut telah pensiun selama empat tahun,” tambahnya.