Polisi Gelar Olah TKP Kecelakaan Maut di Exit Tol Bawen, Siapa Jadi Tersangka?

polisi olah TKP laka bawen

Polisi Jawa Tengah sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKPK) terkait kecelakaan maut yang terjadi di Exit Tol Bawen, Semarang, pada hari Minggu (24/9/2023). Kecelakaan tragis yang terjadi pada Sabtu, 23 September 2023, menyebabkan sejumlah orang meninggal dan puluhan lainnya luka.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Suryo Nugroho, mengungkapkan bahwa olah TKP ini dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan beberapa saksi untuk menentukan pihak yang bertanggung jawab dalam insiden ini.

Bacaan Lainnya

“Dan (meminta) keterangan saksi di TKP, tentunya saksi lain serta melakukan gelar perkara untuk memastikan peristiwa kecelakaan, tentunya juga merekomendasi atau menduga tersangka pada gelar perkara tersebut,” ujarnya.

Baca juga: Update Terbaru Kecelakaan Tol Bawen: 3 Meninggal, 27 Luka, dan 15 Kendaraan Terlibat

Tim Traffic Accident Analysis (TAA) dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah juga diterjunkan untuk mengidentifikasi penyebab pasti kecelakaan maut di Exit Tol Bawen, Semarang, yang terjadi pada Sabtu (23/9/2023) malam. Dugaan sementara adalah bahwa kecelakaan ini disebabkan oleh masalah rem pada truk tronton yang terlibat.

“Besok kita dari Direktorat Lalu Lintas akan melakukan olah TKP menggunakan Traffic Accident Analysis untuk memastikan peristiwa itu seperti apa dan penyebab kecelakaan itu apa,” kata Kombes Pol Agus Suryo Nugroho.

Agus menambahkan bahwa pihak kepolisian telah mengamankan AR, sopir tronton yang terlibat, untuk menjalani pemeriksaan intensif di Polres Ungaran.

Sebelumnya, kecelakaan maut di Exit Tol Bawen, Semarang, telah merenggut sejumlah korban jiwa. Dugaan awal menyebutkan bahwa masalah rem pada kendaraan tronton adalah penyebabnya. Kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 18.30 WIB saat kendaraan tronton yang dikemudikan AR menuju ke timur menuju Salatiga arah Solo. Diduga rem kendaraan tersebut blong saat tiba di turunan Bawen, menyebabkan tabrakan dengan kendaraan lain di traffic light yang sedang menyala merah.

Baca juga: Update Laka Tol Bawen: Investigasi TAA Polda Jateng Ungkap Detil Tragedi

“Sehingga dia menabrak kendaraan roda dua,” ujar Agus.

Selain merenggut tiga nyawa, kecelakaan ini juga mengakibatkan sembilan sepeda motor dan empat mobil mengalami kerusakan serius. Tiga korban lainnya masih dalam proses identifikasi.