Jikustik Kembali dengan Single Kedua dari Mini Album “Back 4 Good” yang Penuh Makna

tangkapan layar IG jikustik

Jikustik, grup musik pop Indonesia yang telah merilis single pertama dari Mini Album Back 4 Good mereka sebulan lalu, kembali dengan single kedua dalam mini album tersebut. Peluncuran ini datang pada penghujung Agustus 2023 dan membawa sebuah inisiatif yang bernilai.

Dalam momen yang istimewa ini, Jikustik meluncurkan kampanye #MusikUntukSemua yang mereka gagas. Tujuan dari kampanye ini adalah untuk menciptakan ruang inklusif bagi semua pecinta seni di Indonesia. Keyakinan yang kuat bahwa ruang inklusif bagi semua penikmat karya seni dalam industri musik Indonesia akan memperkuat esensi dari karya seni itu sendiri menjadi landasan kampanye ini.

Adhitya Bagaskara, keyboardist dari Jikustik, mengemukakan, “Kami meyakini penikmat karya seni berasal dari kalangan masyarakat yang beragam dalam berbagai hal. Dengan pendekatan ini, kami berharap setiap karya seni dapat dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat, serta memastikan bahwa semua orang dapat memiliki kesempatan untuk mengakses hasil karya seni.” Keterangannya ini menggambarkan semangat di balik kampanye ini yang diumumkan pada Minggu, 27 Agustus 2023.

Dalam #MusikUntukSemua, Jikustik mendapatkan inspirasi dari sejumlah musisi, baik dalam negeri maupun luar negeri, yang telah menjalin kolaborasi dengan komunitas teman tuli. Kolaborasi ini diharapkan mampu membawa ruang inklusif bagi semua anggota masyarakat, terutama komunitas teman tuli di Indonesia.

Ayunda Kusmiya Putri, Mentor dan Ahli Bahasa Isyarat Tuli dalam kolaborasi ini, menjelaskan, “Selain memberikan ruang kepada komunitas teman tuli untuk sama-sama bisa menikmati lagu terbaru ‘Aku Tak Mau Sendiri,’ Jikustik juga mengajak masyarakat secara luas untuk mendukung komunitas teman tuli melalui gerakan dengan mengenakan gelang #MusikUntukSemua.” Ini menggarisbawahi aspirasi kampanye untuk memberikan dukungan yang lebih besar kepada komunitas teman tuli.

Jikustik mengharapkan bahwa kolaborasi ini tak hanya akan menjadi lambang solidaritas kepada komunitas teman tuli, tetapi juga sebuah komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan inklusif bagi semua lapisan masyarakat. Untuk memperingati rilis single “Aku Tak Mau Sendiri” dalam Mini Album Back for Good, Jikustik telah menyiapkan video klip khusus yang dipersembahkan bagi komunitas teman tuli. Video ini diharapkan bisa menjadi cara bagi mereka untuk menikmati karya terbaru Jikustik bersama seluruh masyarakat.

Adhitya Bagaskara menambahkan, “Kami menyadari bahwa kolaborasi dengan komunitas teman tuli dalam industri musik Indonesia bukanlah hal baru. Bahkan, hal tersebut justru membuat kami semakin bersemangat untuk memulai kampanye #MusikUntukSemua. Karena hal-hal baik seharusnya terus diulang oleh siapa pun.”

Lagu “Aku Tak Mau Sendiri,” salah satu mahakarya dari Aji Mirza Hakim yang lebih dikenal sebagai Icha Aji, vokalis dan bassist Jikustik, mengisahkan tentang perasaan kehilangan terhadap seseorang yang sangat dicintai. Lagu ini pertama kali diciptakan oleh Icha pada tahun 2005 dan pada tahun 2006 dinyanyikan dan dipopulerkan oleh Bunga Citra Lestari (BCL).

Tidak hanya aransemen musiknya yang akan mengalami perubahan signifikan, tetapi pada tahun 2023 ini, setelah 17 tahun sejak pertama kali diciptakan, Jikustik akan menyajikan lagu ini dari perspektif seorang pria dan dalam format band. Icha Aji mengungkapkan, “Sebagai pencipta lagu ini, saya merasa tugas saya telah selesai ketika berhasil menyajikan sebuah karya yang mampu memungkinkan para penggemar karya saya memahami lagu ini dari perspektif yang utuh, baik sudut pandang wanita maupun pria.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *