Muncul Hoax Video Bernarasi Gibran Rakabuming Raka Akui Akun Fufufafa: Ini Faktanya!

Namun, perlu diperhatikan bahwa video ini menggabungkan potongan-potongan dari dua video terpisah di YouTube. Salah satu video tersebut adalah unggahan dari Refly Harun dengan judul “GIBRAN MINTA MAAF SOAL FUFUFAFA?! MUI TURUN GUNUNG SOROT POSTINGAN 2015!”. Video lainnya berasal dari acara Indonesia Lawyer Club (ILC) dengan judul “SETELAH FUFUFAFA… BISAKAH PELANTIKAN GIBRAN DIBATALKAN?”

Baca juga: Mahkamah Konstitusi Menolak Permohonan Uji Materiil terhadap Batas Usia Capres-Cawapres Jadi 35 Tahun

Bacaan Lainnya

Fakta di Balik Video

Setelah ditelusuri, isi dari kedua video tersebut sebenarnya tidak secara langsung menyatakan bahwa Gibran mengakui kepemilikan akun Fufufafa.

Video hanya menganalisis dugaan Gibran sebagai pemilik akun tersebut dan membahas reaksi publik serta potensi dampak dari isu ini. Tidak ada pernyataan resmi dari Gibran dalam kedua video tersebut yang mengkonfirmasi klaim tersebut.

Faktanya, menurut laporan dari Antara, narasi dalam judul video yang menyebutkan Gibran mengakui sebagai pemilik akun Fufufafa tidak sesuai dengan isi video itu sendiri. Klaim tersebut murni spekulasi tanpa bukti yang jelas.

Klarifikasi Gibran Rakabuming Raka

Terkait dengan isu ini, Gibran sendiri telah memberikan klarifikasi beberapa waktu lalu. Ketika ditemui di Laweyan, Solo, pada 10 September 2024, Gibran dengan tegas menyatakan bahwa dirinya tidak tahu-menahu mengenai akun Fufufafa yang tengah menjadi sorotan.

“Lha embuh, takono sing duwe akun,” ujar Gibran, yang dalam bahasa Indonesia berarti, “Tidak tahu, tanyakan kepada yang punya akun.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *