Cornelia Agatha


Cornelia Agatha artis Indonesia yang memang sudah tidak diragukan lagi sepak terjangnya dalam dunia hiburan Tanah Air. Lia, begitu sapaan akrabnya lahir di Bogor pada tanggal 11 Januari 1973 silam. Di usianya yang sudah mantap mencapai 44 tahun, Lia memang jarang terlihat lagi di layar kaca.

Lia adalah artis pemeran yang berkebangsaan Indonesia, namun sebelumnya, Lia diketahui sebagai anak keturunan dari Jawa – Manado – Belanda – Jerman dan Yahudi. Nama artis ini mulai populer dan mencapai puncak kejayaannya saat berperan sebagai Sarah dalam sebuah sinetron Si Doel Anak Sekolahan, sinetron ini memang sudah diluncurkan pada beberapa tahun silam, namun sampai saat ini sinetron tersebut masih menjadi idola banyak orang dan sering kali ada siaran tayang ulangnya.

Artis yang satu ini mulai aktif di dunia entertainment Tanah Air semenjak tahun 1988 silam sebagai aktris dan sering kali memerankan banyak film dan sinetron Tanah Air.

Sudah banyak film-film yang berhasil diperankannya di Indonesia, sehingga ia pun berhasil mendapatkan banyak job untuk syuting film atau sinetron lain, diantara judul film yang pernah dibintanginya adalah Rini Tomboy, Ariel dan Raja Langit, Detik Terakhir dan Jatuh Cinta Lagi.

Sedangkan untuk sinetron sendiri sudah banyak sinetron yang ia bintangi, diantaranya berjudul Opera Tiga Zaman, Satu Hati Dua Racun, Si Doel Anak Sekolahan 1-6, Aku Ingin Pulang dan masih banyak lagi judul sinetron lainnya.

Tak hanya menjadi artis pemeran, ia pun juga sering kali dipercaya menjadi bintang iklan banyak produk ternama seperti Pantene, Ice Cream Walls, Pizza Hut, Relaxa, Lux dan produk-produk ternama lain dengan sukses.

Karena bakat yang sangat baik itu, membuat Lia mendapatkan banyak penghargaan di ajang bergengsi, diantaranya adalah Aktris Terpuji Forum Film Bandung (FFB) 2002 dalam perannya di sinetron “Perempuan Pilihan”, sebagai Nominasi Aktris Terbaik FFI 1992 “Rini Tomboy”, dipercaya sebagai Nominasi Aktris Terbaik FFI 2005 “Detik Terakhir” dan terakhir adalah Nominasi Aktris Terbaik Piala Vidia 2004.

Nama Lengkap : Cornelia Agatha
Nama Keren : Lia
Tempat Lahir : Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Tanggal Lahir : 11 Januari 1973
Pekerjaan : Aktris, Model
Pasangan : Rizal Ramli (Kekasih), Sony Lawlani (Mantan Suami)
Agama : Kristen
Orang Tua : Dave Maramis , Erry Yudha Asri
Akun Twitter : @Cornel_OnStage