Pemerintah Kembali Sukses Evakuasi 14 WNI dari Konflik Timur Tengah, 85 WNI Masih Bertahan di Lebanon

Lebanon – Dalam upaya melindungi warga negaranya yang terdampak konflik di Timur Tengah, pemerintah Indonesia kembali berhasil mengevakuasi 14 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Lebanon.

Upaya penyelamatan ini merupakan bagian dari gelombang keenam evakuasi WNI yang dilakukan sejak meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

Menurut Kementerian Luar Negeri RI, keempat belas WNI tersebut tiba di Tanah Air pada Kamis, 10 Oktober 2024, dan langsung dipulangkan ke daerah asal masing-masing dengan bantuan kementerian dan instansi terkait.

Rute Evakuasi Melalui Jalur Udara

Evakuasi kali ini dilakukan melalui jalur udara dengan rute penerbangan yang kompleks. Rombongan WNI diterbangkan dari Beirut, Lebanon, menuju Jakarta dengan transit di Jeddah, Arab Saudi, dan Dubai, Uni Emirat Arab.

Proses evakuasi ini melibatkan berbagai pihak di lapangan, termasuk Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beirut yang bekerja sama erat dengan perwakilan Indonesia di negara-negara transit.

“Evakuasi gelombang keenam ini dilakukan melalui jalur udara dari Beirut ke Jakarta, dengan transit di Jeddah dan Dubai,” demikian keterangan dari Kementerian Luar Negeri, Jumat, 11 Oktober 2024.

Baca juga: Indonesia Kecam Keras Israel Atas Insiden Penembakan Dua Personel TNI di Lebanon, Menlu Retno Marsudi: Pelanggaran Besar

Beragam Latar Belakang WNI yang Dievakuasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *