Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi Kembali Digelar: Tantangan Parkir di Tengah Penataan Alun-Alun Solo

Solo – Acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, yang rutin diselenggarakan setiap tahun, akan kembali digelar pada 22 hingga 24 Oktober mendatang. Kegiatan ini diperkirakan akan menarik ratusan ribu peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lokasi parkir kendaraan yang biasanya memanfaatkan Alun-Alun Utara dan Selatan Keraton Solo, kali ini tidak bisa digunakan karena adanya larangan parkir.

Larangan tersebut muncul sebagai hasil dari penataan kawasan alun-alun yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), yang telah selesai pada September lalu.

Kini, kawasan alun-alun telah dikembalikan ke pihak Keraton Solo dan diperuntukkan sebagai area steril, sehingga tidak diperbolehkan digunakan untuk parkir kendaraan selama acara berlangsung.

Larangan Parkir di Alun-Alun Keraton

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Taufiq Muhammad, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah lokasi alternatif untuk mengatasi persoalan parkir selama acara Haul.

Mengingat jumlah peserta yang hadir bisa mencapai ratusan ribu, hilangnya kapasitas parkir di kawasan alun-alun menjadi tantangan tersendiri.

“Karena alun-alun tidak bisa digunakan untuk parkir, kami harus mencari solusi alternatif,” ungkap Taufiq dalam keterangan persnya, Rabu (9/10). “Kira-kira kami kehilangan daya tampung parkir untuk lebih dari 300 kendaraan di area alun-alun,” tambahnya.

Sebagai solusi, Taufiq menyebutkan beberapa lokasi alternatif yang dapat digunakan sebagai kantong parkir selama haul, antara lain Benteng Vastenburg, Jalan Juanda (Pucangsawit), tepi Pedaringan, dan Terminal Tirtonadi.

Mengingat jarak beberapa kantong parkir cukup jauh dari lokasi haul, sistem drop off akan diupayakan untuk memudahkan peserta.

“Nanti akan dipastikan lagi setelah Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 di Solo berakhir. Kemungkinan halaman parkir Masjid Agung juga bisa digunakan,” imbuh Taufiq.

Koordinasi dengan Pemerintah Kota

Camat Pasar Kliwon, Ahmad Khoironi, menjelaskan bahwa persiapan untuk Haul Habib Ali sudah dikoordinasikan dengan baik antara penyelenggara dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *