Kecelakaan Kereta Api Argo WIlis Serempet Argo Semeru yang Lebih Dulu Anjlok di Kulon Progo

laka Kereta api (KA) Argo Wilis KA Argo Semeru

Pada Selasa (17/10/2023), terjadi kecelakaan serius yang melibatkan Kereta Api (KA) Argo Semeru dan KA Argo Wilis di jalur petak lintas antara Stasiun Sentolo – Wates KM 520+4, yang terletak di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kejadian ini terjadi pada pukul 13.15 WIB, dan melibatkan dua kereta api yang berjalan dalam rute Surabaya Gubeng – Gambir. Kecelakaan ini menjadi perhatian serius mengingat karakteristik kecelakaan kereta api yang seringkali memiliki dampak yang besar.

Menurut informasi yang diberikan oleh Manager Humas Daop II Bandung, Mahendro Trang Bawono, lebih dari tiga gerbong dari KA Argo Semeru terguling dari lintasan dalam keadaan miring. Saat ini, belum diketahui pasti apakah ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Bacaan Lainnya
laka Kereta api (KA) Argo Wilis KA Argo Semeru

den Kereta Api Kulon Progo,Kronologi Kecelakaan KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis,Korban Kecelakaan Kereta Kulon Progo,Penyebab Kecelakaan KA Argo Semeru dan Argo Wilis,Evakuasi Kecelakaan Kereta di Kulon Progo,Dampak Kecelakaan Kereta Api di Jalur Sentolo – Wates,Peristiwa KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis di KM 520+4,Respon KAI Terhadap Kecelakaan KA di Kulon Progo,Pengaruh Kecelakaan Kereta Terhadap Operasional Kereta L

Baca juga: Spektakuler! LRT Jakarta Siap Meluncur, Artis dan Tokoh Terkenal Ramaikan Perjalanan Inaugurasi

Kecelakaan ini disebabkan oleh anjloknya KA Argo Semeru dari rel. Hal ini terlihat jelas dalam rekaman video yang diunggah oleh akun @merapi_uncover, di mana gerbong KA Argo Semeru miring dan hampir terguling dari relnya. Kejadian ini tentu saja membuat panik para penumpang, yang berlarian keluar dari kereta untuk menyelamatkan diri mereka sendiri.

Kecelakaan tersebut juga memengaruhi perjalanan KA Argo Wilis yang sedang melintas di jalur yang sama. Dalam video tersebut, terlihat KA Argo Wilis menyerempet KA Argo Semeru yang terguling tersebut. Suara gesekan kedua gerbong yang besar dan berat tersebut terdengar sangat nyaring dan kencang, yang membuat para penumpang teriak histeris. Masinis KA Argo Wilis segera menghentikan keretanya, dan akibatnya, kedua jalur tertutup oleh dua kereta tersebut.

Situasi semakin memburuk, di mana para penumpang terlihat berusaha keluar dari kereta dan mencari tempat berteduh di bawah pohon-pohon di sekitar jalur kereta. Ini merupakan respons alami dari para penumpang yang panik dalam situasi genting seperti ini.

Baca juga: Perjalanan Ibu Negara Iriana Jokowi dengan Kereta Cepat Whoosh, Jakarta ke Bandung Cuma 27 Menit

Pihak Kereta Api Indonesia (KAI) membenarkan insiden ini dan mengeluarkan pernyataan resmi terkait kecelakaan ini. Mereka menyebutkan bahwa saat ini terjadi gangguan operasional di jalur hulu dan hilir, KM 520+4 petak jalan Sentolo – Wates di Kabupaten Kulon Progo. Gangguan ini disebabkan oleh anjlokan KA Argo Semeru yang sedang melangsungkan perjalanan rute Surabaya Gubeng – Gambir (KA 17). Jalur tersebut belum dapat dilalui oleh perjalanan KA lainnya, dan ini akan berdampak pada keterlambatan perjalanan KA-KA lain yang melewati jalur tersebut.

KAI juga menginformasikan bahwa evakuasi KA Argo Semeru sedang dilakukan oleh unit terkait, tetapi hingga saat ini belum ada informasi yang jelas mengenai awal mula terjadinya kecelakaan ini. Mereka berkomitmen untuk memberikan update informasi secara berkala kepada masyarakat terkait perkembangan situasi ini.

Baca juga: 14 Fakta Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kejadian ini menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya keselamatan dalam perjalanan kereta api. Kecelakaan seperti ini bisa memiliki konsekuensi yang serius, dan tindakan pencegahan serta keamanan dalam operasi kereta api menjadi hal yang sangat penting. Semoga tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, dan semoga penyelidikan selanjutnya dapat mengungkapkan penyebab pasti dari insiden ini.