data dan fakta terkait hubungan Zul Zivilia dengan Fredy Pratama

zul zivilia

Hubungan antara Zul Zivilia dan Fredy Pratama

Terungkap bahwa penyanyi atau vokalis Zivilia, Zulkifli alias Zul Zivilia, memiliki hubungan dengan gembong narkoba Fredy Pratama. Mereka dihubungkan melalui sosok bernama R, yang merupakan bagian dari jaringan pengedar narkoba Fredy Pratama. R diketahui memasok 9,5 kg sabu dan 24 ribu butir ekstasi kepada Zul Zivilia pada tahun 2019.

Bacaan Lainnya

Pemeriksaan Zul Zivilia

Polisi berencana untuk memeriksa Zul Zivilia guna mendalami lebih lanjut jaringan bandar narkoba Fredy. Koordinasi akan dilakukan dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), di mana Zul Zivilia sedang menjalani hukuman penjara. Pemeriksaan ini dijadwalkan akan dilakukan dalam waktu dekat di Bareskrim Polri.

Baca juga: Keterlibatan Zul Zivilia Terkait Kasus Tindak Pidana Narkoba Fredy Pratama

Kasus Zul Zivilia

Kasus Zul Zivilia bermula dari penangkapannya pada 1 Maret 2019 di Apartemen Gading River View City Home, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara. Saat penangkapan, Zul Zivilia memiliki sabu seberat 9,54 kilogram dan 24.000 butir ekstasi. Ia ditangkap bersama delapan tersangka lainnya. Zul mengakui menjadi pengedar narkoba karena alasan ekonomi dan utang budi pada temannya yang merupakan bagian dari jaringan pengedar narkoba.

Tuntutan dan Vonis

Jaksa menuntut Zul Zivilia dengan hukuman penjara seumur hidup berdasarkan Pasal 114 ayat 2 juncto 132 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Namun, setelah menjalani persidangan, Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis 18 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar pada Zul Zivilia pada tanggal 18 Desember 2019.

Kasasi

Pada tanggal 7 Juni 2020, kuasa hukum Zul Zivilia, La Ode Umar Bonte, mengajukan kasasi atas kasus ini. Pengacara berpendapat bahwa terdapat kesalahan dalam proses penegakan hukum dan bahwa vonis Zul sebagai pedagang narkoba tidak dapat dibuktikan.

Polri Berusaha Menangkap Fredy Pratama

Polri terus berusaha untuk menangkap bandar narkoba kelas kakap Fredy Pratama, yang merupakan sindikat narkoba terbesar di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memeriksa orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan Fredy, termasuk Zul Zivilia, guna mengungkap lebih banyak informasi tentang jaringannya.